Semangat Wirausaha Muda dalam Kontes Inovasi Bisnis

Semangat Wirausaha Muda dalam Kontes Inovasi Bisnis

Peserta dan Juri berfoto bersama usai acara

Universitas Djuanda selalu memiliki acara yang bergengsi dan menarik untuk diikuti. Salah satu ajang bergengsi ini adalah Kontes Inovasi Bisnis Wirausaha Muda 2016. Acara pendaftaran yang telah dibuka dari 2 bulan yang lalu itu menghasilkan 94 Idea Concept Paper, setelah proses seleksi yang bertahap tibalah puncak acara Grand Final pada, Rabu (14/12) di Aula Gedung C Universitas Djuanda. Sejalan dengan Ir H.Himmatul Miftah dalam sambutannya “Mencetak Wirausaha yang sudah di desain sejak dini, forum kontes inovasi bisnis yang paling bergengsi di siswa dan mahasiswa yang sudah berjalan selama 6 tahun.” Ungkapnya yang mewakili sambutan Rektor Universitas Djuanda yang sedang mempresentasikan Seminar Nasional di Hongkong.

Dengan mengusung tema Menjadikan Generasi Muda yang Inovatif, Kreatif dan Berjiwa Usaha Untuk Indonesia Jaya. Khusus untuk Mahasiswa, acara ini memperebutkan piala bergilir untuk mahasiswa Universitas Djuanda, dimana tahun kemarin piala Kontes Inovasi bisnis dimenangkan oleh Fakultas Pertanian dengan Produk Nasi Liwet Jagung.

Siti masitoh kepala BKPU mengatakan bahwa Mimpi kami kedepan akan mendisplay kan hasil penelitian para peneliti, termasuk hasil dari Inovasi bisnis yang dihasilkan oleh mahasiswa. Yang terhimpun dalam Rumah Usaha Unida.  

Antusiasme peserta terlihat karena banyaknya ide-ide inovasi mahasiswa Unida dalam membuat wirausaha. Terdapat 20 finalis yang masuk ke tahap Grand Final. 10 kelompok finalis dan produk yang lolos  dari tingkat Mahasiswa diantaranya. Fakultas Ekonomi Islam (Muzara’ah and Citronella to the Economy of Rural Communities), Fakultas Ekonomi (Inovasi Power Bank Boneka sebagai Fashion dengan Digital Marketing, Fakultas Ekonomi (Keripik Tutut BOCIMI), Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (Kue Lupus), Fakultas Pertanian ( Inovasi tanam Hidroponik Skerwoll), Fakultas Ekonomi Islam (Sareng Dasi), Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (Edition Curriculum Vitae), Fakultas Pertanian (Marshmallow Indigenous), Fakultas Ilmu Pangan Halal (Keripik Rebung Herbal), FKIP Pendidikan Bahasa Arab (ALPENTARI, Alat Penyedot tanpa Ribet).

 10 Kelompok finalis dari Tingkat Pelajar yaitu, SMK Yasbam (Spaghetti Janda), SMK Wikrama (Mogu-Mogu/Nugget Jamur), SMK Wikrama (Jamur Pedazz), SMK Wikrama (Mr. Guntay/Abon Jamur), MA Miftahul Huda (D’Piring) dengan menafaatkan pelepah pisang kering sebagai hiasan, SMAN 1 Citeureup (MARSATIK) pemanfaatan sampah plastik untuk penutup tas/ rain cover , MA Miftahul Huda (Embil Bercahaya) pemanfaatan limbah plastik yang diijadikan bola lampu.

 Para peserta Inovasi Bisnis hadir, tampil memberikan presentasinya secara bergantian berdasarkan nomor urut yang didapat. Komentar-komentar yang diberikan oleh juri kepada para peserta menjadi motivasi serta perbaikan untuk peluang inovasi pada tahap selanjutnya mulai dari analisa usaha, layanan keuangan yang akan dihasilkan dalam jangka panjang hingga antisipasi terhadap kesalahan dan kerugian yang kemungkinan akan terjadi dan memperhatikan kualitas produk.

 Penentuan pemenang dari Inovasi Bisnis dalam Grand Final Inovasi Bisnis Universitas Djuanda dinilai oleh 5 orang Juri diantaranya Kepala Biro Pengembangan Kerjasama dan Usaha, Wirausaha Muda Mandiri, dan Pengusaha yang telah sukses di bidangnya, yaitu Ariasandy, Muhammad Said, Linawati, Yayan Mulyana, Siti Masitoh. ***Cikal/Rifa

Dipost Oleh Super Administrator

Tidak ada rahasia untuk sukses. Sukses hanyalah hasil dari persiapan, kerja keras, ketekunan, dan belajar dari kegagalan.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar